Header Ads

Gelar Oprasi Pasmur di Banjit, Bupati Wayakann Harapkan Dpat Ringankan Beban Ekonomi Warga

Dilihat 0 x

 

Gelar Oprasi Pasmur di Banjit, Bupati Wayakann Harapkan Dpat Ringankan Beban Ekonomi Warga

Laporan : Sedi Irawan

gradiannews.id || Waykanan - Gerakan Pangan Murah dianggap sangat penting untuk membantu menjaga stabilisasi ketersediaan dan harga pangan di Kabupaten Waykanan. Mengingat kondisi pangan di Indonesia umumnya diproduksi pada wilayah tertentu dan bersifat musiman, sementara konsumsi tersebar merata di seluruh daerah dan relatif konstan sepanjang tahun.

Hal itu diungkapkan Bupati Waykanan,  H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M pada acara  Operasi Pangan Murah Bersubsidi Tahun 2023 di Halaman Kantor Camat Banjit, Kamis (13/04/2023).

Adipati yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati mengungkapkan, terdapat beberapa faktor penghambat distribusi pangan yang menyebabkan kesenjangan antara produsen dan konsumen, diantaranya hambatan pasokan, cuaca, biaya pengangkutan yang tiinggi, kualitas infrastruktur, perilaku pedagang dan pengelolaan stok.

Kondisi tersebut, kata Adipati seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan dan harga pangan yang berakibat ketidakpastian harga pangan baik ditingkat produsen maupun konsumen, dimana dalam ekskalasi lebih luas akan mempengaruhi inflasi pangan.

Adipati menjelaskan, pada saat kondisi inflasi terjadi, Top Regent Of The Year 2017, kenaikan harga-harga pangan pokok strategis cukup mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal tersebut mengurangi keterjangkauan pangan masyarakat terhadap pangan pokok dan strategis yang teap harus dipenuhi agar masyarakat dapat hidup sehat, aktif dan produktif.

“Kegiatan Operasi Pasar Murah Bersubsidi merupakan upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan di Kabupaten Waykanan, terutama di wilayah yang jumlah Rumah Tangga Miskin dan/atau Rumah Tangga Miskin Ekstrim yang ada di wilayah Kecamatan Banjit ini, adapun komoditi yang dijual dengan harga bersubsidi pada kegiatan ini berupa bahan pangan pokok dan pangan olahan hasil pelaku usaha di wilayah Kabupaten Waykanan,” kata dia.

Harapannya, dengan adanya kegiatan Operasi Pangan Murah Bersubsidi dapat membantu menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis, rantai ditribusi pemasaran yang terintegrasi serta mencegah terjadinya Patron-Client, dan menghindari penyalahgunaan market power oleh pelaku usaha tertentu.

“Secara tidak langsung, kegiatan ini berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen raya dan tingginya harga pada saat panceklik dan saat Bulan Ramadhan serta menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), serta sebagai salah satu upaya Pemerintah untuk mempermudah masyarakat, khususnya RTM dan/atau RTM Ektrim memperoleh bahan pangan pokok dengan harga terjangkau”, tutup Bupati yang juga menyampaikan terima kasih kepada beberapa Instansi Pemerintahan dan Swasta serta asosiasi peternah, asosiasi petani, poktan/gapoktan, petani cabai, distributor bawang dan pelaku usaha pangan yang ada di wilayah Kabupaten Waykanan yang telah berkontribusi dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Editor : Kan’s

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.